mayangmangurai

Mancing Ikan Bagi Pemula

Posted on: Maret 27, 2013

Mancing ikan merupakan suatu hoby yang sangat menyenangkan, bagi pecinta mancing yang paling enak bukanlah makan ikan nya, tapi yang paling enak di saat kita merasakan tarikan ikan (Strike), apalagi kalau ikan besar yang menarik pancingan kita, sungguh luar biasa tarikan dan mainan nya.

Bagi yang suka mancing ke pulau atau tengah laut, harap perhatikan cuaca dan kondisi alam yang bisa membahayakan kita, sediakan perlengkapan secukupnya, mungkin itu pelampung, makanan, dan perlengkapan pancing lainnya.
Disini saya akan coba paparkan tentang peralatan pancing dan lokasi keberadaan ikan, namundi blog ini masih banyak kekurangan yang belum sempurna, harap tinggalkan komentar anda dibawah.
  • CARA MEMASANG / MENGIKAT MATA PANCING
Bagi anda yang belum tau cara memasang atau mengikat mata pancing yang baik, kali ini saya akan beberkan bagaimana cara mengikat  mata pancing yang baik, memasang mata pancing ada dua macam, yang pertama memasang mata pancing untuk di laut, yang kedua memasang mata pancing untuk air tawar.

1.Cara memasang mata pancing versi .a

Potonglah Senar sepanjang 20cm, lalu masukkan Senar/Benang ke dalam lubang mata kail, lalu putarlah benang dengan melingkari mata kail sebanyak 6 atau 8 kali putaran, lalu masukkan ujuang senar/benang ke lubang bawah , naikkan senar tadi ke atas dan masukkan ke lubang bawah, lalu tarik ke atas secara bersamaan, tariklah senar dari mata kail supaya erat dan kuat.

2.Cara memasang mata pancing versi.b

 Ujung dari senar yang sudah kita ikatkan tadi dengan mata kail tadi, sambungkan senar ke serat baja yang telah di sediakan tadi, serat baja ini sangat bermanfaat untuk mengatasi adanya kemungkinan putus tali senar oleh ikan.selanjutnya gunakanlah pemberat yang terbuat dari tembaga, bisa juga dengan menggunakan pemberat dari beli besi lain nya, seperti busi motor yang sudah usang. pemberat ini berguna untuk mengatasi terbawanya mata pancingan oleh arus gelombang.
 3.Cara memasang mata pancing versi .c                         

  Masukkan benang/senar ke dalam lubang mata kail,  lalu tarik ujuangnya berbentuk hufur ” U ” dengan arah mengikuti arah mata kail, lalu lilitkan ujuang senar dengan menghimpit huruf  “U” tadi, lakukan lilitan sebanyak 5 kali lilitan, dan masukan ujuang benang ke dalam ujuang huruf ” U ” yang masih ada lubangnya tadi, dan tariklah ujung benang dengan bersamaan, tarik sampai anda merasa mata kail sudah terikat dengan kuat.
  •  JENIS UMPAN DAN CARA MEMASANGNYA

1.Umpan hidup ( Udang Hidup)

Kaitkan mata pancing pada ekor udang, kenapa pada ekornya, kenapa tidak pada bagian badan atau kepala? supaya udang bisa berjalan atau bergerak pada saat umpan sudah berada di dasar laut, dan cara ini sangat bagus untuk mengundang perhatian ikan ikan yang besar, tampa rasa ragupun sang ikan akan lansung menyantap udang tersebut. Perhatikan pada gambar di bawah ini
2. Umpan hidup ( Ikan Hidup)
Biasanya untuk mendapatkan ikan ikan kecil atau anak ikan, yang akan di jadikan untuk umpan pancing, bisa di tangkap di sungai atau di pinggir  pinggir pantai.  cara inipun tak jauh beda dengan cara memasang umpan dengan udang di atas. memasang umpan dengan ikan hidup, yaitu kaitkan mata pacing ke tulang atas ikan, atau di sebut juga dengan punggung ikan, bisa juga pada ekor atau mulut  ikan, supaya ikan bebas bergerak, dan bermain dalam air, cara inipun sangat mengundang perhatian ikan ikan besar. Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini.
3.Umpan mati ( Cumi cumi, udang )
Anda bisa membeli cumi cumi di pasar atau lansung membeli ke para nelayan, setelah anda mendapatkan cumi cumi, iris panjang panjang lah cumi cumi tersebut dari kepala hingga ke ekor, lalu kaitkan mata pancing anda ke cumi cumi yang telah anda iris tadi, anggap saja irisian cumi cumi tadi seperti seekor ikan kecil, kaitkan mata pancing di mulut ikan, nah anda sudah siap untuk bertempur dengan ikan ikan besar.
4.Umpan buatan
Untuk umpan buatan ini anda bisa membeli ke toko perlengkapan pancing lansung, dan cara memasangnyapun sangat mudah dan simpel, anda hanya mengikatkan tali senar ke gumpalan kawat ( lingkaran kawan yang telah di sediakan ) pada umpan, umpan buatan ada yang berupa cumi cumi, udang, ikan, dan ada juga yang cuma berupa mata pancingan saja…
 Contoh umpan buatan yang siap pakai
                                                  
5.Umpan Tabur
Jenis umpan ini hanyalah stimulus / cara merayu ikan agar mau mendekat dengan pancingan kita, sebaiknya jenis umpan ini tidak terlalu banyak di taburkan. karena kalau terlalu banyak di taburkan, maka ikan akan cepat kenyang dengan umpan tabur kita, dan ikan tidak mau lagi makan pancingan kita.
6.Umpan Ikan Patin
a. Belilah Roti rasa keju 3 bungkus, lalu campur dengan air panas, aduk hingga semuanya merata.
b. Pake pelet di campur dengan nasi, caranya cairkan pelet hingga halus dan campur dengan nasi panas.aduk  hingga menyatu anatar pelet dan nasi.
c. Cacing tanah
7. Umpan Ikan Nila
– Cacing Tanah, lumut, Pelet, Telur Semut Merah
8. Umpan ikan gabus
– Telur Ulat, Ulat daun pisang

sumber : matapancing.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: