mayangmangurai

Mancing Bawal Di Kolam Harian

Posted on: Februari 12, 2012

 

mancing bawal di kolam harian

Ikan bawal merupakan predator air tawar yang mempunyai sensasi strike yang lumayan menantang. Sambaran ikan ini mampu membuat joran melengkung dan memberikan perlawanan yang sengit. Ikan ini mempunyai gigi yang tajam, jadi ketika terjadi strike kita harus cepat – cepat mengangkat ikan ini ke daratan agar senar pancing tidak putus terkekan gigitan ikan ini.

Mancing bawal di kolam harian memerlukan strategi khusus agar bisa mendapatkan banyak ikan. Strategi yang pertama adalah ketahui dulu lokasi kolam harian yang akan kita pancing. Sebelum kita ikut mancing bawal di kolam harian tersebut, ada baiknya kita melakukan survey terlebih dahulu, survey terdiri dari lapak yang akan kita tempati dan umpan yang akan kita pakai. Lapak harus kita amati apakah disitu menjadi tempat berkumpulnya ikan bawal atau tempat dimana ikan bawal diturunkan. Untuk menentukan umpan, kita bisa melihat pemancing lain disitu yang sering ngangkat bawal, kita pakai aja umpan yang sama.

Strategi yang lain yang tidak kalah penting adalah datang pagi – pagi ke kolam mancing bawal harian. Pada pagi hari bawal masih sangat rakus untuk mencari makan, sehingga pakai umpan apa saja akan segera disambar. Pengalaman mancing bawal di kolam harian, ikan sama sekali tidak mau makan umpan ketika hari sudah siang. Selain sudah tidak nafsu makan, ikan – ikan yang ada di kolam sudah diangkat para pemancing yang lain.

Kalau sudah begini yang perlu kita lakukan adalah lebih konsen lagi pada pergerakan air dimana menandakan ikan bawal berada. Gerakan sekecil apapun yang terjadi pada pelapung kita harus direspon secepat mungkin, karena pada posisi ini kita tidak lagi mengharapakan bawal memakan umpan kita, tetapi berharap ikan bawal tersambar oleh hentakan kail yang  kita lakukan.

 

sumber : mancingmania

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: