mayangmangurai

Cara Mancing Ikan Baung

Posted on: Februari 12, 2012

 

Mancing ikan Baung sangat mengasikkan, sambaran ikan ini membuat adrenalin kita terpacu. Untuk menaklukkan ikan ini juga tidak mudah, perlu tenaga ekstra untuk menaklukkannya. Baung adalah ikan air tawar yang dapat hidup dari perairan di muara sungai sampai ke bagian hulu. Bahkan di Sungai Musi (Sumatera Selatan), baung ditemukan sampai ke muara sungai di daerah pasang surut yang berair sedikit payau. Selain itu, ikan ini juga banyak ditemui di tempat-tempat yang letaknya di daerah banjir. Secara umum, baung dinyatakan sebagai ikan yang hidup di perairan umum seperti sungai, rawa, situ, danau, dan waduk.

Baung bersifat noktural, yaitu hewan yang banyak beraktivitas pada malam hari seperti mencari makan. Selain itu, baung juga memiliki sifat suka bersembunyi di dalam liang-liang di tepi sungai tempat habitat hidupnya. Di alam, baung termasuk ikan pemakan segala (omnivora). Namun ada juga yang menggolongkannya sebagai ikan karnivora, karena lebih dominan memakan hewan-hewan kecil seperti ikan-ikan kecil. Untuk memancing ikan baung, umpan jitu yang perlu kita persiapkan umumnya umpan yang mempunyai bau amis bahkan mengarah ke bau busuk. Tapi secara umum pakan baung antara lain ikan-ikan kecil, udang-udang kecil, remis, insekta, molusca, dan rumput. Contoh umpan jitu yang sering dipakai oleh para pemancing adalah, udang yang sudah mati dan berbau, kuning telur asin (telur bebek), potongan daging ikan, umpan kucur dan lain ā€“ lain.

Umpan di satu lokasi dan lokasi lainnya bisa berbeda, silahkan mencoba salah satu umpan ā€“ umpan yang telah disebutkan diatas.

 

sumber : mancingmania

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: