mayangmangurai

Piala perdana Timnas u-17

Posted on: Januari 30, 2012

Tim nasional U-17 besutan pelatih Indra Syafri menyabet gelar juara dalam ajang HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012 di Hong Kong setelah menaklukkan tim Singapura dengan skor 3-1. Indonesia tampil perkasa selama turnamen karena tak terkalahkan dalam tiga pertandingan.

“Saya bisa lega karena 18 pemain yang ada semuanya turun. Mereka masih muda sehingga harus diberi kesempatan bermain. Sebab, untuk pemain muda, yang terpenting adalah jam terbang ketimbang mengejar juara,” kata Indra seusai pertandingan, Ahad, 29 Januari 2012.

Tampil di Stadion Po Kong Village, Hong Kong, para pemain usia di bawah 17 tahun itu sempat tertinggal 1-0 dari Singapura. Gol Singapura ini dicetak M. Hasyim Faiz pada menit ke-36. Hasyim sukses menjebol gawang Indonesia setelah membelokkan arah bola yang mengalir deras dari tendangan sudut.

Gol ini melecutkan adrenalin Sabeq dan kawan-kawan. Hasilnya, Sabeq berhasi menyamakan kedudukan di menit ke-55 lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Penjaga gawang Singapura gagal membaca arah bola sehingga kedudukan menjadi 1-1.

Tiga menit kemudian, giliran Syamsul yang menggetarkan jala gawang. Namun wasit menganulir gol tersebut. Ia menilai Syamsul berada di posisi offside. Namun kekecewaan Syamsul tak berlangsung lama, karena semenit kemudian tendangan Sabeq dari dalam kotak kembali membobol gawang Singapura. Kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

Mereka terus melakukan penetrasi yang merepotkan barisan belakang Singapura. Hasilnya, pada menit ke-69, Evan Dimas Darmono berhasil menggandakan kemenangan Indonesia dari titik penalti. Skor 3-1 ini bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Kemenangan ini sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai juara di turnamen ini. Sabeq dan kawan-kawan meraih poin sempurna setelah sebelumnya melibas tuan rumah Hong Kong 1-0 dan melumat Makau dengan skor 4-1. Ini menjadi trofi internasional pertama bagi tim nasional U-17 di tahun ini.

Kemenangan ini disambut gembira Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Djohar Arifin. Ia berharap kemenangan ini menjadi titik awal dari kebangkitan sepak bola nasional. “Hal ini semakin menegaskan bahwa program pembentukan skuad timnas secara berlapis sudah wajib dilakukan,” kata Djohar.

sumber : tempo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: