mayangmangurai

Kacang tidak membantu “melahirkan” jerawat pada wajah ?

Posted on: Januari 28, 2012

 

 “Makan kacang bisa bikin wajah jerawatan!” begitu mitos yang beredar seputar kacang. Selain kacang, cokelat pun ditengarai sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat. Sampai sekarang, kebenaran akan hal ini masih menjadi pro dan kontra di antara pakar kecantikan.

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat tidak disebabkan oleh makanan seperti kacang, cokelat, atau es krim. Tetapi riset yang dilakukan oleh Colorado State University Department of Health and Exercise, membuktikan sebaliknya. Mereka menyarankan untuk mengurangi gula dan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Institusi tersebut telah meneliti sekitar 1.300 orang penduduk pulau Kitivan di Papua Nugini, yang puasa makan makanan manis dan karbohidrat. Mereka hanya makan ikan, buah, dan daging yang dimasak secara tradisional untuk sehari-hari. Hasilnya, wajah mereka bebas jerawat.

Menurut penjelasan Howard Murad, seorang profesor dari UCLA School of Medicine, mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah yang memicu produksi hormon androgen dan membuat kulit berminyak. Pernyataan tersebut menjelaskan mengapa para penduduk pulau tersebut bebas jerawat.

Jadi, jika Anda mau mencegah si “mungil merah” muncul di wajah, cobalah untuk mengurangi gula dalam teh atau kopi. Kurangi juga roti-rotian, kentang, atau nasi pada menu sehari-hari. Dengan begitu, wajah bebas jerawat. Jangan lagi menyalahkan kacang sebagai penyebab timbulnya jerawat. Tetapi perhatikanlah pola makan secara keseluruhan. Jangan takut untuk makan kacang. Zat-zat yang terkandung dalam kacang sangat banyak dan berguna untuk tubuh kita. Tetapi sebaiknya juga tidak mengudap kacang secara berlebihan. Apa pun yang berlebihan tidak baik bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: