mayangmangurai

Alkohol Renggut 2 Juta Nyawa pada 2011

Posted on: Januari 21, 2012

 

BILA Anda kerap meminum minuman beralkohol, sebaiknya baca tulisan berikut. Sebab, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mencatat lebih dari 2 juta penduduk dunia meninggal akibat kebiasaan menenggak alkohol pada tahun 2011. Bahkan 9 persen di antaranya masih berusia 15 hingga 29 tahun.

Tak mengherankan bila Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ari Fahrial menyebutkan mengonsumsi alkohol lebih banyak keburukan daripada kebaikannya. Menurutnya, kandungan alkohol dalam minuman di masyarakat Indonesia bervariasi.

Bir umumnya mengandung alkohol 3,5 hingga 5 persen, wine 10 hingga14 persen, whisky 14 hingga 20 persen, dan vodka mengandung 40 persen. Alkohol berefek buruk pada berbagai organ di tubuh, mulai dari otak, saluran pencernaan, liver, pankreas, otot, tulang, dan sistem genital.

Meminum alkohol dalam waktu singkat dan berlebihan mengakibatkan keracunan hingga kematian. Kebiasaan itu juga mengakibatkan gangguan fisik maupun mental.

Bila diminum dalam waktu lama, alkohol dapat menyebabkan adiksi atau ketagihan. Peminumnya bisa terkena peradangan kronis pada saluran pencernaan khususnya lambung, usus, dan liver. Struktur usus berubah menjadi sel ganas. Hati pun akan menciut.

Komplikasi lanjutan mengonsumsi alkohol bermacam-macam. Ada yang mengalami pembengkakan perut, pendarahan di saluran cerna, tulang keropos, impotensi, dan infertilitas. Khusus wanita, alkohol bisa menjadi salah satu faktor risiko kanker payudara.

Jadi, lebih baik minum air putih ketimbang alkohol kan..

 

sumber : metronews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: