mayangmangurai

Fakta-Fakta Mengenai Kanker Testis

Posted on: Januari 15, 2012

MENGIDAP suatu penyakit tentu dapat membuat hidup tak nyaman. Namun, pengetahuan-pengetahuan seputar penyakit wajib kita ketahui sebagai salah satu bentuk kewaspadaan.

Salah satu penyakit yang menjadi momok setiap pasangan adalah kanker prostat. Suami yang menderita akan merasa sangat tidak nyaman, demikian pula sang istri yang pasti juga turut prihatin atas kondisi suami.

Berikut fakta-fakta seputar kanker testis yang disitat dari buku “Panduan Kesehatan Keluarga” karangan Dr Miriam Stoppard.

– Kanker testis menyerang pria usia muda, sebagian besar berusia 19-44 tahun, walaupun kanker dapat menyerang remaja laki-laki berusia 15 tahun.

– Prevalensi kanker testis telah meningkat 70 persen dalam 20 tahun terakhir.

– Di antara usia 15 dan 50 tahun, sekitar satu dari 500 pria akan mengalami masalah ini.

– Penderitanya baru sedikit, sekitar 1.600 kasus per tahun di Inggris. Namun, angka ini dapat meningkat jika tren saat ini berlanjut.

– Penyebab peningkatan tersebut belum diketahui. Kemungkinan paparan terhadap hormon wanita di lingkungan atau di air telah dikemukakan. Di Spanyol dan sebagian besar negara Asia, tidak ada peningkatan yang signifikan. Pria dengan satu atau kedua testis yang tidak turun memiliki risiko yang jauh lebih tinggi.

– Jika ditemukan sejak awal, kanker testis bisa disembuhkan pada lebih dari 90 persen kasus. Bahkan jika tumor menyebar, ini bisa disembuhkan dalam 80 persen kasus.

– Jenis kanker testis yang paling banyak dijumpai biasanya ditangani dengan pengangkatan testis disertai radioterapi dan jika diperlukan, berbagai jenis terapi obat.

sumber : http://health.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: