mayangmangurai

Tanda-Tanda Kesehatan Anda Bermasalah

Posted on: Januari 14, 2012

SEBUAH studi baru dari University of Western Australia secara mengejutkan mengumumkan hasil penemuan bahwa pria bersuara berat memproduksi sedikit sperma saat ejakulasi. Hal itu dikarenakan testosteron yang memperdalam suara seorang pria juga menekan produksi sperma pada saat bersamaan.

Tetapi nada suara saja tidak dapat mengidentifikasi lebih banyak lagi masalah kesehatan dalam tubuh, berikut lima kebiasaan tubuh lainnya yang mungkin menjadi tanda-tanda awal masalah kesehatan, sebagaimana dilansir Healthmeup, Rabu (11/1/2012).

Panjang jari

Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer menemukan, bahwa laki-laki yang memiliki jari telunjuk lebih panjang dari jari manis, 33 persen lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat. Ternyata, orang dengan jari telunjuk lebih panjang memiliki sedikit testosteron saat mereka bayi dalam rahim ibu mereka, kata peneliti. Hal ini dapat membantu melindungi terhadap kanker prostat di kemudian hari.

Warna kuku

Kuku yang sehat biasanya halus dan bersih, tapi kemerahan di bawah kuku Anda bisa menjadi tanda penyakit vaskular kolagen seperti lupus, kata Neil Sadick MD, profesor dermatologi klinis di Weill Cornell Medical College. “Ini pertanda Anda mengalami peradangan pembuluh darah, oleh karenanya warna kemerahan pada bawah kuku Anda tersebut adalah pembuluh darah yang radang,” imbuhnya. Penelitian juga menemukan bahwa kuku putih terkait dengan masalah hati.

Daun telinga keriput
 
Selain karena akibat penuaan. Keriput pada lipatan telinga Anda mungkin merupakan tanda potensial masalah kardiovaskular, demikian sebuah studi dari University of Chicago. Para peneliti menemukan peserta dengan lipatan (dan tidak ada penyakit arteri koroner sebelumnya) hampir delapan kali lebih mungkin mengalami kejadian kardiak. Peneliti berspekulasi, telinga dapat menjadi refleksi peringatan kesehatan karena kesamaan antara pembuluh darah yang memasok ke daun telinga dan jantung.

Rasa bau

Ketidakmampuan untuk mengidentifikasi bau tertentu dapat menjadi tanda peringatan dari penyakit parkinson. Sebuah studi yang dipimpin Institute for Neurodegenerative Disease dan University of Pennsylvania menemukan, bahwa ketika diberi tes kecil, pasien dengan parkinson hanya bisa dengan benar mengidentifikasi setengah dari bau yang disajikan. Sebuah studi tambahan dalam Annals of Neurology menemukan, bahwa gangguan penciuman dapat mendahului adanya parkinson sekitar empat tahun lebih awal.

Rambut

Meskipun mengalami kebotakan adalah alami, itu juga bisa menjadi petunjuk untuk kondisi yang lebih serius.

“Rambut rontok bisa menjadi tanda penyakit tiroid atau kanker tiroid,” kata Sadick.

“Jika Anda memiliki tiroid yang terlalu aktif atau tiroid yang tidak berfungsi dengan baik, Anda bisa mengalami kerontokan rambut sebagai tanda presentasi dari itu.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: