mayangmangurai

Makanan Sehat yang Tidak Populer

Posted on: Januari 14, 2012

Kompas.com – Banyak makanan sehat yang tersedia di alam ini. Tapi, ada beberapa makanan yang cenderung kita abaikan, entah karena tidak tahu bagaimana memasaknya atau hanya karena bentuknya yang tidak menarik. Di bawah ini adalah 5 makanan sehat yang mungkin sering tidak Anda lirik, tetapi justru menyimpan begitu banyak nutrisi penting bagi tubuh:

1. Plum kering (prunes)

Makanan ini sekilas memang terlihat tidak menarik. Tetapi mereka memiliki kandungan kalium dua kali lebih banyak dari pada pisang dan lebih tinggi kandungan antioksidan (38 persen) ketimbang blueberry! Bahkan, prunes juga menyediakan banyak serat makanan larut dan tidak larut – termasuk pektin, sejenis serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Bit

Bit mengandung serat, zat besi, dan vitamin C. Selain itu, makanan ini juga mengandung betacyanin – senyawa kuat yang dapat melawan kanker dan telah terbukti membantu mencegah kanker usus besar.

Bit juga mengandung antioksidan yang telah terbukti efektivitasnya dalam menurunkan kolesterol total sekaligus meningkatkan HDL (kolesterol baik)! Jangan memasak bit terlalu lama, karena aktivitas anti-kanker yang terkandung pada bit dapat berkurang oleh panas.

3. Labu

Satu porsi labu mengandung hampir 3 gram serat dan dikemas dengan beta karoten. Beta karoten adalah  antioksidan yang dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

4. Terong

Bentuknya yang lonjong dan berwarna ungu memang terlihat kurang menarik. Tetapi jangan lihat tampilan luarnya saja. Buah yang sering dijadikan sayuran ini memiliki jumlah serat dan mengandung banyak Vitamin B1, B3, dan B6. Plus, mengandung asam chlorogenic – senyawa yang paling ampuh dalam menangkal radikal bebas dan nasunin – antioksidan yang terbukti mampu melindungi lipid (lemak) dalam sel otak, mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker, dan membantu mencegah rheumatoid arthritis.

5. Kacang

Sebuah penelitian telah menunjukkan sejumlah manfaat kesehatan dari konsumsi kacang mulai mencegah kanker sampai pada mencegah penyakit jantung dan mengatur gula darah. Selain serat, kacang-kacangan juga memiliki kandungan tinggi antioksidan dan protein.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: