mayangmangurai

Cara Mancing Ikan Gabus

Posted on: Februari 12, 2012

 

mancing kutuk kotes ikan gabus

Ikan gabus merupakan ikan yang memiliki habitat di rawa – rawa, kalau di jawa timur dikenal dengan nama ikan “kothes”. Ikan ini termasuk ikan yang kuat dalam pertahanan hidupnya karena mampu hidup di lingkungan yang berlumpur dan miskin oksigen karena memiliki labyrint. Meski dapat hidup di rawa, ikan gabus juga menyenangi perairan yang tenang dari danau, waduk dan sungai.

Ikan gabus merupakan ikan yang termasuk dalam ikan predator, atau ikan pemangsa dan memiliki sifat karnivora, makanannya yang utama adalah udang air tawar, ikan kecil, kepiting, katak, dan cacing, serta berbagai serangga yang hidup di perairannya. Ikan gabus merupakan pemangsa yang rakus terutama dalam memangsa umpannya, pengalaman memancing ikan ini, anda hanya perlu meletakkan umpan di dekat liang tempat persembunyiannya atau di bawah batu, dan ikan ini akan dengan rakusnya memangsa umpan kita, bahkan sering sekali mata kail yang tertelan oleh ikan ini sampai jauh di dalam perut dan harus membelah tubuhnya untuk mengeluarkannya.

Ikan gabus terdiri dari berbagai jenis spesies yakni: Ikan gabus ( Ophiocephalus Striatus ) dikenal di kalimantan sebagai ikan Aruwan atau ikan Tola di Sulawesi, atau ikan Kayu di Bali. Dengan ciri punggungnya yang berwarna coklat dan panjang maksimal 90 cm. Ikan kehung ( Ophiocephalus Melanoptus )Dikenal sebagai ikan Bujuk di Palembang dan ikan kehung di Kalimantan, earna tubuhnya agak coklat kehitaman denagn berat mencapai 750 gram dan panjang maksimum 65 cm.

Ikan kerandang ( Ophiocephalus pleurophthamus ) dikenal sebagai ikan serancang di Palembang dan ikan mikau di Kalimantan. Warna tubuhnya agak kuning dan coklat agak kehitaman dengan perut warnanya agak putih dengan berat maksimal 0,5 kg panjang tubuh maksimal 40 cm. , Ikan Unggui ( Ophicephalus bankanensis ) dikenal di Palembang dan memiliki punggung berwarna coklat sementara perutnya warnanya lebih terang. Bobot maksimumnya adalah 1 kg per ekor. Dan panjang 24 cm. dan yang terakhir adalah ikan toman ( Ophicepalus micropeltes ) ikan ini banyak terdapat di Sumatera Utara dan Palembang. Dipulau Jawa ikan ini disebut dengan ikan Buhung atau Tobang. Saat muda ikan ini berwarna merah namun jika sudah dewasa berganti warna hijau kebiruan dan bercampur ungu. Dapat mencapai 3 kg per ekornya dengan panjang sekitar 64 cm.

 

sumber : mancingmania

About these ads

16 Tanggapan to "Cara Mancing Ikan Gabus"

ikut nimbrung, ah, gimana nich cara mancing gabus dengan umpan anak ikan mas kecil, tank berat, ya.

klu mo mncing pakai anak ikan mas caranya punggung ikan tsbt dipancung dimata kail,lalu letak di prmukaan air sehingga ikan tsbt berenang renang,klu bs tali senar jangn terlalu pnjang cukup 1 mtr aja dari joran,lalu joran tsbt tncapkan ujung nya dengan kuatkepingiran rawa,atau parit tmpt kita mncing. Klu memang ada tuh ikan gabusnya,gak lama pasti dimngsa.

ane mo ikut nimbrung, nich. mo tanya gimana cara mancing gabus dengan meggunakan umpa anak ikan mas kecil. tanks berat ya.

apa benar tarikan saat mancing ikan gabus kuat???

bkn lg kuat tpi strigkt nya ajibbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

@rizqi : tergantung beratnya jg sih bro..

..mancing ikan gabus paling jozzzz pake precil / anak katak. dijamin pasti dapat BESAR..!!!!!

kadang ketarik kadang ga mas bro.. udah pernah dicoba soalnya..

kalo umpanya jangkrik gmana kira2……….

numpang nanya mas brooooo ,,,, jenis umpan untuk casting ikan gabus
paling cocok pakai yang jenis apa ya,,,,,,,,?

kalo sy suka pake spinner (hinomiya spinner bait). pakai soft froggie juga bagus

jadi yang bagusnya pakai umpan apa dan gimana caranya….???

butuh tip dan trik khusus…saya sudah mncobanya…

klu mancing ikan gabuz umpan jitu adlh ikan water

klo di kolam resapan air hujan dekat rumah saya cukup pakai cacing merah

klo mncing ikn gabus di danau toba biasanya kami pake anak kodok

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: